Terima kasih telah mengunjungi blog Self Development; Blog yang akan mengupas bagaimana mengembangkan diri kita dalam menapak sendi kehidupan.

Rabu, 22 September 2010

Saatnya Introspeksi

Berita tentang kekerasan kembali menghisasi layar televisi, halaman utama koran harian serta lantang terdengar di radio. Markas Polisi Sektor yang disatroni gerombolan orang bersenjata tak dikenal tiba-tiba membunuh tiga orang anggota polisi. Sungguh sebuah tragedi memilukan. Polisi menerangkan bahwa pelaku ada kaitannya dengan kelompok teroris Aceh. Tak ayal kasus itu pun berbuntut panjang dengan terjunnya Densus 88 milik Polri yang kemudian melakukan penggerebegan & penangkapan pelaku teror.

Terplepas dari intro berita di atas, kondisi sebagian masyarakat kiranya kina tengah mengalami "sakit" yang luar biasa. Pemerintah yang semenjak negara kita mengenyam kemerdekaan belum mampu menjadi "dokter" mujarab, yang mampu menyembuhkan penyakit akut sebagian masyarakat itu. Diantara sakit yang diderita sebagian masyarakat itu ada yang disebut penyakit miskin, penyakit tidak puas, dendam, amarah yang berlebihan yang resikonya jauh lebih ganas ketimbang tumor atau kanker sekalipun.

Kita tahu negara ini telah merdeka 65 tahun.lalu. Kita pun tahu roda pemerintahan telah bergulir sepanjang tiga orde (orde lama, orde baru dan orde reformasi). Kita juga tahu sepanjang sejarah pemerintahan angka kemiskinan dan ketidakmamkmuran terus saja berkembang sepanjang tahun.
Pembangunan tidak merata dan pengangguran selalu mewarnai sepanjang usia pemerintahan dari orde ke orde. 

Kini saatnya kita berbenah, introspeksi dan mawas diri. Rakyat jelata, pejabat pemerintah, penguasa di Jakarta maupun di daerah harus mengenyam rasa bahwa saat ini memang negara kita belum sejahtera. Pengangguran masih merajalela. Keadilan masih didominasi pemilik harta. Petani dan nelayan masih menjadi manusia grading terakhir di negeri ini. Ini semua harus diakui oleh kita bersama.

1 komentar:

Terima kasih telah mengikuti blog ini. Untuk perbaikan di masa mendatang mohon tinggalkan komentar Anda.